5 Hal yang Bisa Anda Coba Lakukan Sebelum Berangkat Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 01:03:57

Bagi kaum muslimin, menjalankan ibadah umrah merupakan impian yang selalu ada dalam hati. Mengingat sekarang ini untuk melaksanakan haji membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu tunggu yang tidak sebentar, umrah menjadi alternatif bagi mereka yang sudah rindu ingin pergi ke Baitullah.

Tetapi, impian saja tidak akan terealisasi jika Anda tidak mulai menyiapkan diri untuk pergi beribadah umrah. Terutama masalah finansial. Apabila tidak ada tujuan yang jelas kapan Anda akan melaksanakan umroh, Anda tidak akan pernah menyiapkan tabungan khusus untuk ibadah umrah. Jadi, bagaimana cara agar segera berangkat umroh apabila impian Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan memberikan triknya untuk Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat Kuat-kuat

Apabila Anda ingin segera menjalankan ibadah umrah, pasanglah niat kuat agar Anda bisa cepat berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara finansial cukup mampu untuk melaksanakan ibadah umrah, tapi mereka tidak berniat untuk umrah, lho!

Entah karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat asupan tentang urgensi ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk mengejar hal-hal duniawi contohnya memiliki rumah impian, mobil, pakaian, aksesoris, menjalankan hobi, liburan dan sebagainya.

Maka, Anda termasuk kategori orang yang beruntung ketika Anda punya niatan untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki uang berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tidak mungkin Anda akan berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Oleh karena itu, kekuatan niat adalah modal untuk Anda bisa untuk mewujudkan keinginan Anda berangkat umroh dengan cepat. Miliki keyakinan sepenuh hati bahwa Anda MAMPU untuk ibadah umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Info Semua Tentang Umrah

Langkah kedua yang dapat Anda coba untuk bisa cepat menunaikan ibadah umroh adalah dengan mencari tahu tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun, doa-doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal terkait dengan umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke Baitullah. Anda bisa mencarinya sendiri lewat pencarian daring, membandingkannya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga minta pertimbangan keluarga dan teman yang sebelumnya pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali informasi terkait umrah dengan cara diskusi dengan sahabat, pihak keluarga atau konsultasi dengan ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan vibrasi yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga proses agar dapat mempercepat sampai tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Untuk Anda yang belum punya dana khusus untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menyisihkan untuk biaya umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk teratur menabung. Targetkan waktu kapan Anda umrah. Anda harus memasang target kapan Anda akan berangkat ibadah umrah, supaya ada motivasi untuk merealisasikan target tersebut.

Misal, Anda berniat untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa menganggarkan sekitar 1 juta per bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan sebesar 36 juta rupiah. Realistis, bukan? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika mau lebih cepat lagi, Anda bisa memakai dana talangan umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Doa Restu Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai jalan pintas berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih mudah terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho kedua orangtua?

Beritahukan keseriusan jika Anda ingin beribadah umrah, buatlah bahagia orangtua Anda, buat hati keduanya senang dan mereka pun akan dengan senang hati mendoakan Anda supaya bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat saat ini banyak caranya. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada pula yang memilih membeli paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara rombongan juga bisa dilakukan untuk mendapatkan potongan harga dari jasa layanan umrah, sehingga ibadah umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengurangi kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id