10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 01:02:53

Untuk Anda yang baru pertama akan melaksanakan ibadah umrah, Anda pastinya bingung apa saja hal yang harus Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, registrasi, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa tenang beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai visualisasi apa yang harus Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti tulisan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Oleh karena itu, jamaah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan jasmani yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Ruhani

Selain fisik yang prima, Anda juga wajib mempersiapkan ruhani Anda supaya dapat benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang harus dibayarkan via jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang wajib dipersiapkan sebelum umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima booking penginapan, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib diperhatikan. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper yang berfungsi memuat barang-barang yang Anda bawa. Satu koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing dapat diisi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kartu identitas, kertas tisu, pelembab, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini kadang terlewat, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang cukup penting untuk diperhatikan. Sama pentingnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita wajib mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dihafalkan. Anda bisa mencari referensinya yakni dengan membaca buku panduan umrah, browsing tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Biro Travel Umroh Terpercaya

Ada baiknya, pilihlah biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Jika biro travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka bisa Anda cermati melalui daring, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik, mempunyai alergi tertentu, dan memerlukan meminum obat-obatan khusus, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat menjalani ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak angin, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang khusus perempuan banyak jenisnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, jarum pentul, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga baju cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula titipan doa dari kerabat dan juga rekan. Agar selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak terlewat saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa mengkonsumsinya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang harus dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id