Mengenal 7 Aktivitas yang Dilakukan Saat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 01:01:59

Mungkin kebanyakan orang yang mengira bahwa umrah memerlukan waktu yang panjang. Karena, biasanya, sebuah perjalanan umrah berdurasi 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umrah hanya memerlukan waktu sekitar 3-12 jam saja! Wah, jika demikian, ngapain aja ya aktivitas ketika umrah?

Sebenarnya, macam-macam kok kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu umrah Anda. Selain melaksanakan rukun wajib umrah, Anda juga bisa menjalankan aktivitas lain yang tentunya diutamakan didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, apabila Anda melewatkan waktu-waktu di Baitullah, dengan menjalani hal-hal yang tidak mendapat pahala. Walaupun di jadwal itinenary dari travel umrah sudah pasti jadwal kegiatan yang akan kita lakukan, namun tidak ada ruginya Anda mengelist sendiri jadwal kegiatan agar Anda bisa memaksimalkan beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 kegiatan yang bisa Anda lakukan selama umrah.

1) Melakukan Rukun Umrah

Inti dari perjalanan ibadah umrah adalah melakukan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul dan tertib. Seperti yang telah kami singgung tadi, durasi untuk menjalankan ibadah umrah adalah 3-12 jam. Sehingga, Anda dapat melakukan ibadah umrah berkali-kali saat berada di Baitullah.

Waktu yang Anda gunakan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu ibadah umrah Anda. Seperti waktu untuk perjalanan naik pesawat saja tak kurang dari 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke tempat penginapan, perjalanan dari madinah ke makkah sekitar 14 jam PP, dll. Jadi, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan lain yang utama adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram jangan sampai untuk dilewatkan. Karena, pahala shalat di kedua masjid agung tersebut sangat berlimpah.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi setara dengan 1000 kali lipat bila dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menjaga shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita melakukan ibadah sunnah namun malah meninggalkan ibadah wajibnya?

3) Melaksanakan Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat wajib di Masjidil Haram, Anda juga bisa beribadah sunnah di Masjidil Haram antara lain shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga dapat melakukan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, bersalawat, bersedekah, berpuasa sunnah, dan sebagainya. Perbanyak ibadah sunnah Anda selama di tanah suci, agar Anda bisa meraih keuntungan pahala sunnah saat berumrah.

4) Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Serupa dengan melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, shalat sunnah, bersalawat, memperbanyak dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, supaya kesempatan meraih pahala maksimal bisa Anda peroleh.

5) Melaksanakan Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada satu amalan yang jangan sampai dilewatkan begitu saja saat umrah, yaitu shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Rasullullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, dan ia sholat di dalamnya, maka baginya akan memperoleh pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi nomor 298, Ibnu Majah nomor 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada jadwal untuk singgah di masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat melaksanakan shalat dhuha di Masjid Quba agar mendapat keutamaannya.

6) Membaca Al Quran dan Berdzikir

Usahakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan memegang mushaf Al Qur'an agar Anda bisa membaca Al Quran kapanpun. Apalagi saat menunggu waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali bila Anda menghabiskannya dengan aktivitas yang kurang berpahala.

senantiasa basahi bibir Anda untuk membaca ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda jadi lebih tenang dan khusyu dalam beribadah. Melupakan sejenak kegatan duniawi yang Anda kerjakan di luar ketika umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, ini dia kegiatan paling ditunggu yang biasanya selalu diagendakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci merupakan kesempatan yang tak ternilai harganya, sebab Anda sedang berkunjung di Rumah Allah. Maka, berdoa sebaik-baiknya, semaksimal mungkin sesuai dengan cita-cita kita. Biasanya, kita juga mendapat titipan permohonan doa dari keluarga, teman, dan rekan kita. 

Jadi, berdoalah, daripada menyibukkan diri berfoto selfie, shopping, wisata kuliner, sebaiknya Anda agendakan khusus untuk memanjatkan doa dan siapkan tulisan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlewat.

Itulah kegiatan yang bisa memperbanyak bobot pahala ibadah umrah kita. Ibadah umrah merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan yang cukup besar baik dari sisi biaya maupun dari segi fisik. Oleh karena itu, kita tidak lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita semaksimal mungkin. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan berburu kuliner khas timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id