Ini Dia Cara Lengkap Manasik Umrah yang Perlu Anda ketahui !!!

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Oktober 2024, 09:38:05

"Tahukah anda bahwa sebelum berangkat ke Tanah Suci, para jamaah haji diwajibkan mengikuti manasik umrah? Sebab, ibadah umrah banyak rangkaian yang tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan".

WhatsApp Image 2024-10-21 at 10.49.50_fc418923.jpg

 

Apa itu manasik umrah?

Manasik umrah secara harfiah berarti pelatihan atau bimbingan terkait ibadah umrah. Hal ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk membantu calon jemaah umrah memahami seluruh rangkaian ritual dan tata cara pelaksanaan umrah yang sesuai dengan tuntunan syariat. Selain itu, pelatihan ini juga penting untuk membekali jemaah dengan pemahaman terkait nilai-nilai spiritual dan teknis dari setiap rukun dan sunah umrah.

 

Manfaat manasik umrah

1. Memperdalam pemahaman tentang tata cara pelaksanaan umrah.

2. mempersiapkan diri secara mental dan spiritual.

3. Meningkatkan konsentrasi dan ketenangan jiwa.

4. Menjaga kesehatan tubuh.

5. Mendekati diri kepada Allah SWT.

6. Mengetahui kondisi di Tanah Suci, dan

7. Memahami bahasa Arab.

 

Tata Cara Manasik Umrah

1. Niat Ihram di Miqat

Hal pertama yang dilakukan ketika manasik ialah menjalankan rukun pertama umrah yakni ihram. Pada tahapan ini, para jemaah duanjurkan untuk memotong kuku, memotong rambut, dan memotong semua rambut yang ada di tubuh. 

Setelah melakukan hal tersebut, calon jemaah umrah melanjutkan rukun ihram ini dengan mandi junub, berwhudu, mengenakan pakaian ihram yang hanya terdiri dari dua lapis, dan dilanjutkan dengan salat sunnah ihram sebanyak dua rakaat.

Selama mengenakan pakaian ihram ini para calon jamaah dianjurkan untuk banyak berdzikir dan melantunkan bacaan talbiyah yang berbunyi "Labbaik Allahumma labbaik"

2. Tawaf Mengelilingi Ka'bah

Alur selanjutnya dari pelaksanaan manasik umrah ini adalah melakukan simulasi tawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran, yang diawali dari hadapan Hajar Aswad, dan diakhiri dihadapan Hajar Aswad.

Setelaj melakukan tawaf ini para calon jamaah umrah dianjurkan untuk melakukan salat sunnah dibelakang maqam Ibrahim, dan memperbanyak doa karena tempat ini merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa.

3. Sa'i

Sa'i selanjutnya menjadi rukun yang harus dilakukan oleh para calon jamaah umrah dalam rangkaian manasik umrah ini. Sebelum menjalankan sa'i ini, dianjurkan para jamaah umrah untuk meminum air zam-zam terlebih dahulu agar tidak mengalami dehidrasi saat melakukan rukun ini.

Kegiatan sa'i ini mengikuti apa yang dilakukan oleh Siti Hajar yang berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah untuk mencari sumber air agar bisa kembali menyusui Nabi Ismail.

4.Tahlul

Tahalul kemudia menjadi rangkaian rukun pelaksanaan manasik umrah terakhir sebelum meninggalkan kota Makkah. Pada rukun tahallul ini, para jamaah umrah dianjurkan untuk memotong rambut sebagian atau seluruhnya (bagi jemaah laki-laki).

Selain itu rukun tahallul ini bebas dilakukan oleh siapa saja yang sudah menjalankan rukunumrah, dan diutamakan dilakukan oleh mahramnya masing-masing.

itu sekilas dari penjelasan mengenai cara manasik umrah yang perlu anda ketahui.

 

Mau Umrah & Haji Khusus Bareng @armindotravel.official
Hubungi Kami :
☎+62852 8989 7272 (PDG)
☎+62819 3848 7272 (JKT)
Kantor Padang 🏢
Jl. Bandar Purus No 72 Padang
Kantor Jakarta 🏢
Jl. Margonda Raya No 184 A (Lantai 2) Depok (16423)

Umrah 9 HARI - DEPOK Padang -new.png

 

 

 

 

 

 

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id