Simak Yuk Tips Berbelanja Oleh-Oleh Ketika Umrah di Makkah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 01:00:38

Usai menunaikan ibadah umrah, tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas dari Arab. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang disediakan oleh biro umrah bagi para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum kembali ke Indonesia. Meskipun banyak juga toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di Indonesia, tapi lebih afdhol jika mendapatkannya langsung dari Makkah.

Nah, bagi Anda yang masih baru pertama kali melaksanakan berumrah, tentunya belum mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Makkah? Padahal, terdapat beberapa pilihan tempat yang dapat Anda dijadikan referensi untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal ibadah umrah Anda, setidaknya Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini pasar belanja oleh-oleh khas di Kota Makkah yang bisa Anda jadikan tujuan:

Pasar Utaibah

Tempat yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah merupakan pasar tertua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga kota Makkah. Anda bisa menemukan berbagai macam barang dengan harga terjangkau di pasar ini.

Pasar Utaibah terletak 3 KM dari Masjidil Haram, tepatnya ada di jalan Hujoon. Cukup dekat dari tempat Anda menjalankan ibadah umrah sehingga Anda lebih mudah menjangkaunya. Pasar ini tak pernah sepi disinggahi baik waktu hari biasa maupun ketika bulan Ramadhan dan musim Haji.

Pasar Utaibah menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga yang dijual di pasar Utaibah bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan harga yang dipasang di mal Makkah.

Untuk barang yang serupa, harga di mal Makkah senilai 5 kali lipat lebih tinggi dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai contoh, misalnya harga suatu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa didapatkan cuma 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja oleh-oleh yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda bisa berbelanja aneka cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar Ja’fariyah tak pernah sepi dikunjungi, jadi pastikan Anda meluangkan diri untuk mampir ke Pasar Ja’fariyah saat mengunjungi Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin berbelanja barang bermerek di Mekkah? Pasar Hijaz tempatnya. Pasar ini terkenal menyediakan barang-barang branded yang tentunya berkualitas, baik produk lokal ataupun merek internasional. Tak heran kalau Pasar Hijaz terkenal dengan kemewahan tempatnya.

Tak hanya itu, Pasar yang bertempat di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menawarkan aneka olahan makanan yang beragam dari penjuru dunia. Sempatkan mengunjungi pasar Hijaz untuk mendapat pengalaman belanja selama di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah berlokasi cukup jauh dari kota Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Meskipun begitu, Anda bisa tetap berkunjung dengan transportasi darat.

Bisa dibilang, Pasar Aziziyah adalah pasar paling besar di kota Makkah. Beragam kebutuhan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi dapat Anda temukan di sini.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda bisa mengunjungi pasar Syar’i Al- Hajj. Anda akan menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah di pasar Syar’i Al-Hajj. Misalnya sajadah, yang pastinya cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa tempat di Makkah yang bisa Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tidak hanya kurma, lho! Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Di antaranya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat kerikil, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), juga buah tin. Wah, menarik sekali kan? Pilihannya pun sangat beragam. Anda juga bisa menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa barang supaya lebih tahan lama. Nah, Anda bisa berburu oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang telah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan, ada sedikit tips untuk Anda praktekkan ketika belanja di pasar-pasar Makkah. Pastinya, Anda ingin membeli oleh-oleh barang yang berkualitas dan harga yang terjangkau bukan? Berikut tipsnya:

  • Buat Daftar Belanja

Tips yang pertama yaitu membuat daftar belanja. Anda dapat membawa catatan apa saja produk yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum perrgi ke Baitullah.

Pilih siapa saja yang ingin Anda beri oleh-oleh sepulang dari ibadah, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang disediakan. Jangan sampai kelebihan beban sehingga Anda kesulitan membawa pulang oleh-oleh yang terlanjur Anda beli di tanah suci. Sayang sekali bukan?

  • Jangan Berpenampilan Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, usahakan berpenampilan biasa saja, jangan sampai terlalu menarik perhatian karena pedagang pun pasti dapat membaca kondisi Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang mahal, karena si pedagang akan menganggap bahwa Anda ‘mampu’ membayar barang dengan harga yang tinggi.

  • Sesuaikan Anggaran

Tips selanjutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda persiapkan dari rumah. Memang, ada banyak barang yang dapat kita beli. Akan tetapi, jika Anda tidak membatasinya dengan anggaran tertentu, bisa jadi Anda akan membeli yang tidak perlu dan akhirnya menghabiskan dana.

  • Persiapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang berlaku di Arab Saudi adalah Riyal. Anda dapat menukar uang rupiah Anda di tempat money changer sebelum pergi ke tanah suci. Ingat, sesuaikan dengan anggaran ya!

  • Pilih Barang yang Awet

Yups, selain aneka camilan yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih cinderamata seperti sajadah, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, kerudung, abaya, hingga air zam-zam. Barang-barang tersebut tidak terlalu mengandung resiko dibawa ke Indonesia.

  • Mengerti Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar percakapan bahasa Arab sederhana yang dapat Anda praktekkan ketika berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin mengetahui keinginan Anda, dan akan lebih mudah apabila mengetahui apa yang Anda ucapkan. Namun, mayoritas pedagang di pasar Makkah juga cukup mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanjaan belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id