Tips Merencanakan Ibadah Umrah Untuk Milenial

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 00:59:10

Banyak anggapan, bahwa melakukan ibadah haji atau umrah harus saat sudah tua, pensiun, atau harus jadi orang kaya terlebih dahulu. Padahal, tidak perlu menunggu tua untuk berangkat umrah. Justru ketika masih muda, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan maksimal. Mengapa?

Tentu saja, karena untuk menjalankan seluruh kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak tenaga dan kondsi badan yang kuat. Ketika masih muda, sehat, segar bugar, Anda bisa mulai merencanakan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Mulailah dengan niat kuat untuk berangkat umrah waktu masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan merasa putus asa, melihat daftar antrian haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap lakukan usaha agar Allah mengundang Anda dengan jalan yang tidak terduga. Misalnya dengan membuat rencana kapan akan melaksanakan perjalanan ibadah umrah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan cita-cita berangkat ke tanah suci. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Berangkat Umrah

Hal pertama yang dapat Anda luruskan adalah niat. Niat yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke tanah suci merupakan undangan dari Allah SWT. Bukan soal laki-laki atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di hadapan Allah SWT.

sehingga, Anda perlu menyertai niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. contohnya, lihat seberapa besar kesungguhan Anda untuk beribadah umrah, mulai membenahi ibadah-ibadah yang wajib, menambah ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Jadi, Allah akan melihat kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih istimewa lagi yakni beribadah di Baitullah.

Belajar Tentang Persiapan Umrah

Selanjutnya, Anda coba untuk belajar tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk umrah. Mulai dari mempelajari tentang rukun umrah, apa saja yang dikerjakan ketika di sana, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan lain-lain.

Anda juga bisa mengulik informasi hal teknis tentang cara berangkat umrah, dokumen yang harus disiapkan, membuat paspor, mencari biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di Baitullah dan lain-lain. Informasi yang lengkap dapat membantu Anda supaya lebih terarah.

Anda dapat menggali informasi tentang ibadah umrah melalui pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada saudara yang pernah menunaikan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Khusus Umrah

Umrah merupakan ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah lainnya, terutama mengenai biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda mempunyai prioritas yang berbeda dalam mengatur penghasilan yang Anda dapatkan. Banyak kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang penting untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda. Saat Anda meniatkan diri untuk umrah, usahakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa mencapainya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Saat ini, ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembukaan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan lebih terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menemukan Waktu Terbaik untuk Ibadah Umrah

Selanjutnya Anda dapat memilih waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga disesuaikan dengan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di tanah air.

Ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, laksanakan umrah pada saat itu. Karena umrah waktu Ramadhan senilai dengan haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan bagaimana suasana Ramadhan di tanah suci yang membuat ibadah umrah Anda semakin terasa berkesan.

  • Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Arab Saudi jauh beda dengan di tanah air. Antara bulan Maret-Mei merupakan waktu terbaik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga nyaman dan lebih fokus untuk melaksanakan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi waktu yang pas untuk Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri guna mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai semangat untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun menjadi waktu yang diminati untuk melaksanakan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan setelah musim Haji, situasi di Baitullah cukup lengang. Anda dapat merencanakan umrah pada saat itu agar Anda dapat beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun berdoa di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terpercaya

Biasanya, untuk berangkat haji maupun umrah, perlu adanya bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali pergi umrah, harus memilih travel umrah yang terbaik.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda dapat mencari informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk menghindari dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat rencana ibadah umrah Anda.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari

Terakhir, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Sebab tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • menjalankan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena mampu untuk melaksanakannya. Ingat, ibadah umrah bukanlah sekedar berkunjung ke tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk diperlihatkan kepada orang lain. Mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun, untuk orang-orang yang Allah berikan kelebihan harta, sangat mudah untuk melaksanakan umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu perbaharui niat, supaya tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan mencari keuntungan. Hindarilah melaksanakan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Cek lagi niat Anda benar-benar murni untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa melaksanakan umrah. Beribadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tak perlu memaksakan diri untuk pergi umrah apabila memang belum cukup. Hal ini justru akan menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar dapat berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya mulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id