7 Lokasi yang Wajib Anda Kunjungi Saat di Makkah dan Madinah

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 04 Maret 2023, 00:57:23

Siapa yang tak mau melaksanakan ibadah ke tanah suci? Setiap mukmin tentu ingin merasakan menjalani rangkaian ibadah haji maupun umrah di tanah suci. Kerinduan akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam tersebut, tentu ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ratusan ribu bahkan jutaan umat muslim berkunjung ke Ka’bah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan umrah akan semakin lengkap jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Tentunya, wisata religi tersebut dapat Anda jalani setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah.

Niat utama berkunjung ke tanah suci adalah untuk melakukan ibadah. Adapun agenda berkunjung ke tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin meningkatkan keimanan serta semangat untuk beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam melalui melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di tanah suci.

Nah, berikut ini 7 tujuan wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan tempat yang memiliki nilai historis, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama turun ke bumi. Tidak heran, begitu banyak kaum muslimin yang datang berkunjung ke tempat ini untuk melihat secara langsung tempat ini.

Ciri khas yang ada di Jabal Rahmah ini, Anda dapat menjumpai tugu persegi panjang dengan warna putih di atas bukit. Tugu beton ni menjulang setinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Tempat yang kedua adalah Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang kisah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud merupakan perang yang cukup fenomenal pada zaman Rasulullah. Karena pada waktu itu terjadi perang besar antara umat muslim dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul karena mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada saat itu. Yaitu, dalam peperangan harus taat pada perintah panglima perang yang saat itu dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW. Karena tidak taat, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. waktu itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, Khalid mendapat Gelar Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter tersebut berlokasi di sebelah utara kota Madinah. Anda dapat singgah di Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur di perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat selesai perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya adalah Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Rasulullah saat hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang digunakan untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah ini ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan warna putih sebagai ciri khasnya. Terdapat 3 pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Di area tengah, Anda bisa menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di bagian luar masjid Anda bisa membeli aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid Quba terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai sekarang ini. Jadi, sempatkan untuk berkunjung ke sini ya, saat melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga bisa menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, tetapi Anda harus dalam keadaan fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melewati tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

ketika menunaikan umrah, dapat dipastikan Anda selalu mengunjungi Masjidil Haram yang terletak di Kota Makkah. Sebab sebagian besar rukun umrah dilakukan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf saat berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid selanjutnya yang wajib Anda singgahi yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang bertempat di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang digunakan oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Madinah. Dahulu, Masjid ini berdekatkan dengan rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid ini.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan kepada Rasulullah bisa terobati saat Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut termasuk masjid terbesar di dunia ini selalu ramai oleh para jamaah umrah. Anda dapat mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling dikabulkan untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Bagi Anda yang ingin berziarah makam, bisa mengunjungi Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di lokasi yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dimakamkan di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan nama yang tak asing lagi yakni Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Rasulullah bersembunyi selama 3 hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar ketika hijrah ke Madinah. Anda dapat menjadikan Jabal Tsur sebagai alternatif tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tidak lengkap rasanya ibadah umrah tanpa membawa oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda bisa mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda bisa berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga souvenir seperti tasbih dan sajadah yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 destinasi wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga umrah Anda diterima, dan dapat merasakan perjalanan yang lebih berkesan dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id