Panduan Persiapan Ibadah Umrah Bersama Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 03 Maret 2023, 16:03:04

Bagi kaum muslim, melaksanakan ibadah umrah adalah hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yaitu kota Makkah dan Madinah. Anda dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri pada Allah, mendapat ganjaran yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, mengunjungi ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa melaksanakannya bersama keluarga tercinta, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan nikmatnya ibadah di Baitullah bersama orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dilakukan agar perjalanan umrah bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, buat Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah berniat untuk beribadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar masing-masing berniat untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mewujudkan impian Anda untuk dapat melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci bukan hanya masalah kesiapan materi, tetapi juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk berangkat umrah ya!

Menyiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tak cukup, maka perlu diimbangi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga pergi umrah. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, semakin banyak anggota keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dikeluarkan juga semakin meningkat. Maka, Anda perlu merencanakan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan umrah. Hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda bisa memilih paket-paket umrah keluarga yang bisa menghemat biaya yang harus Anda bayarkan.

Tentu saja, Anda bisa memulai tabungan umrah dengan nominal semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda kepada Allah supaya dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Memberi Kecukupan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memberikan kemampuan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umrah?

Menyiapkan Dokumen dan Paspor

Semakin banyak anggota keluarga yang turut serta dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat mencari informasi selengkapnya di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang terpercaya.

Kenapa Anda perlu menulis dokumen yang diperlukan? Agar Anda tak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang diperlukan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, karena hal tersebut juga memerlukan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan memudahkan Anda sekeluarga untuk berangkat umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah perlu untuk diperhatikan, sebelum berangkat umrah dengan keluarga. Sebab sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di tanah suci merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan pribadi, tapi setiap anggota keluarga perlu diketahui kondisi kesehatannya. Pastikan, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat diurus oleh anggota keluarga lain yang ikut bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat ibadah umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang tidak sama, seperti orangtua yang harus bekerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang tepat untuk menunaikan umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga kegiatan utama malah terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti liburan sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( agar tak terlalu ramai) atau ketika bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah ditentukan, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat menyiapkan barang bawaan, pasti semua terlihat penting untuk dibawa. Sehingga Anda tidak sadar bahwa barang yang dibawa oleh Anda sangat banyak bahkan tidak muat melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Pastikan membawa yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Lihat berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda butuh ruang bila Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda tercapai untuk dapat melaksanakan ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, akan tetapi Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak hanya berdoa saja, wujud usaha Anda juga bisa dengan cara sering-sering bersedekah supaya Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam rangka melaksanakan ibadah.

Itu tadi beberapa tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa memperkuat niat serta menambah keseriusan Anda dalam melaksanakan ibadah ke Baitullah bersama orang-orang tercinta. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id